Rabu, 19 November 2014

ENTAHLAH...

Sore teman..
Lagi mendung-mendung gini, enaknya kan ngemil. Nah, sambil ngemil mending kalian baca cerpen aja. Kalo nggak ada yang mau dibaca, mending baca cerpenku aja teman. haha
Ini cerpen tak buat soalnya ada tugas suruh buat cerpen bahasa indonesia. Di suruh Bu Nanik dan syaratnya buat minimal 6 lembar.
Nah, pas tau suruh bikin cerpen sebegitu banyaknya, biasa lah pelajar langsung kaget :D
Tapi ternyata nggak taunya kalo udah buat terus udah nemu idenya, enak aja buatnya gitu. Saran Bu Nanik kalo buat cerpen itu satu kali duduk langsung jadi.
Cerpen ini tak kerjain dari jam 7 malem sampe jam 11 malem. Dan nggak taunya dapet 11 lembar. Betapa senangnya. Hahaha ^^
Semoga bisa buat inspirasi kalian yaa.
Cekidot aja.

ENTAHLAH

Tik tik tik, gemericik hujan menemani kesendirianku di rumah mungilku ini, ibu dan ayahku entahlah kemana.
            “Mbak, tadi siang ada temenmu tuh?”
            “Iya Dek, iya. Tadi udah sms, mbak tadi baru pergi.”
            Nino. Ya dia adalah adikku satu-satunya, dia adalah adik yang paling baik deh, dijamin.
            “Tata, ke kantin yuk!” ajak temenku, Frida. Yap, itu namaku, Tata. Aku masih duduk di bangku kelas 5 di salah satu SD yang bisa dibilang bagus di desaku.
            “Ayok Da, kantin belakang aja ya?” ajakku.
            Frida. Dia adalah salah satu teman baikku sebelum semua hal yang buruk terjadi yang akhirnya membuat Frida menjadi teman terburukku.
            “Depan aja deh Ta. Bosen di belakang, lagian di depan baru ada batagor tuh,” jawabnya.
            “Okelah Da, tapi nanti anterin aku ke kantin belakang ya?”
            “Nanti kamu ke kantin sendiri aja ya Ta. Soalnya aku nanti langsung mau ngelanjutin PR-ku.”
            “Yaudah de Da kalo gitu,” jawabku pasrah.
            Aku dan Frida jajan ke depan. Mumpung ada batagor juga, kita langsung capcus deh.
            “Ta, bawain jajanku dong!”
            “Ya, sini tak bawain Da. Aku minta boleh nggak?”
            “Makasih Ta. Kamu udah jajan juga kan?”
            “Iyasih Da, cuma pengen nyoba yang kamu beli ini.”
            “Nanti aja ya Ta, kalo aku nggak abis.”
            “Yaudah deh Da.”
            Entahlah aku pasrah aja sama apa yang dilakuin Frida sama aku waktu itu.
            Teeettttt, teeetttt, teeeetttt.
Bel tanda masuk berbunyi dengan lantangnya. Pelajaran Bahasa Indonesia yang kusenangi pun akhirnya datang juga.
            “Hari ini kita belajar tentang cerita pendek anak-anak,” jelas Bu Eni, wali kelasku.
            “Iya bu Eni,” jawab siswa dengan tegas.
            Sampai akhirnya setiap siswa disuruh untuk membuat cerpen pengalaman pribadi. Hal yang menyulitkan bagiku. Membuat cerpen adalah salah satu hal tersulit yang pernah ku kerjakan, entahlah walaupun sulit tapi aku senang menjalaninya.
            “Cerpen lagi?” keluhku.
            “Haha kamu kenapa Ta, semangat dong,” seru Saras.
            “Haha iya Ras, iya. Udah liat belum tampang-tampang semangat kayak apa?”
            “Belum tuh, emang gimana Ta?”
            “Ah kamu mah kudet, liat aku dong Ras, ini muka-muka semangat namanya. Hahaha” . Candaku ke Saras sambil menunjukkan wajahku dengan tampang memelas.
            What? Semangat dari mananya Ta? Muka-muka kurang makan mah percaya. Hahaha,” ejek Saras.
            “Ah kamu Ras, ngejek aja bisanya.”
            “Duh, maaf deh maaf.”
            “Hem,” jawabku dengan nada singkat.
            “Eh, tadi bercanda doang loh Ta.”
            “Y,” jawabku.
            “Jangan marah dong Ta, please Ta, please.
            “Haha kamu kenapa Ras? Kena deh, akhirnya kamu mohon-mohon ke aku buat minta maaf kan? Bercanda loh Ras hehehe,” candaku.
            “Ah kamu, kirain beneran. Awas aja kamu Ta,” ejek Saras.
            “Enggak lah buat apa marah Ras! Iya deh iya, maafin ya.”
            “Hem.”
            “Hahahahahaha,” tawaku serempak dengan Saras.
            Saras. Dia adalah sahabat terbaik yang aku punya selama aku berada di SD. Saras teman deket sekaligus tetanggaku, setiap hari kita selalu main bareng, walaupun entahlah apa yang dimainin. Hahaha.
            “Ta, udah selesai buat cerpennya?” tanya Frida
            “Alhamdulillah udah Da, kamu udah?”
            “Belum Ta, bingung aku. Daritadi mikir nggak ketemu-ketemu.”
            “Oalah, terus kamu udah mulai nulis belum?”
            “Udah, judulnya aja. Bingung sih. Ohiya Ta, aku boleh minta tolong nggak?”
            “Minta tolong apa Da?”
            “Emmm, jadi gini Ta, aku minta tolong nanti bukuku kamu bawa pulang terus kamu garapin semuanya ya, aku bingung e.”
            “Oh jadi gitu, yaudah deh Da. Besok harus selesai nih?”
            “Usahain ya Ta.”
            “Ya Da,” jawabku.
            Entahlah aku mau aja disuruh Frida waktu itu.
            Akhirnya bel pulang udah berbunyi. Seperti biasa aku pulang bareng Saras. Sebelum pulang mampir ke kantin belakang dulu buat ambil barang untuk dibawa pulang, soalnya yang jualan di kantin itu tantenya si Saras. Seperti biasa aku membantu Saras membawa barang-barangnya. Akhirnya kita pulang sama-sama sambil bercandaan seperti biasa.
            “Ta, kamu diapain lagi sama Frida?”
            “Haha, nggak papa kok Ras.”
            “Ah, masak iya. Mukamu keliatan sedih loh Ta.”
            “Ah masak sih. Nih mukaku udah lucu kan ? Hahaha,” candaku sambil menjukkan mukaku.
            “Ah kamu mulai lagi Ta. Udah lucu kok, tapi tetep lucuan aku kok tenang aja. Hahaha.”
            “Ah kamu Ras, haha.”
            “Hahaha. Ohiya Ta, kalo ada masalah cerita ke aku ya.”
            “Siap tenang aja Ras, makasih banyak ya.”
            “Iya Ta, sama sama.”
            Setelah sampai di rumah seperti biasa ada Nino, dia baru ngerjain PR-nya yang katanya sih susah. Biasanya disuruh ngajarin ayah tapi belum pulang.
            “Ngerjain apa Dik?” tanyaku.
            “Haha, ngerjain soal kayak biasa Mbak.”
            “Haha okelah,” jawabku singkat.
            Waktu itu hujan mulai turun menemani siangku untuk belajar. Tiba-tiba aku teringat cerpen dari Frida. Langsung ku kerjakan semuanya tanpa basa-basi.
            “Oke Ta, sabar-sabar, kamu harus sabar,” kataku dalam hati.
            Keesokan harinya seperti biasa, aku berangkat ke sekolahku tercinta. Rasa malas menghinggapi badanku hari ini, serasa tidak ada daya yang kupunya.
            “Aku capek setiap hari diginiin Frida,” batinku menggerutu.
            “Ya, aku capek, tapi…” tiba-tiba ibu membuyarkan lamunanku dengan suaranya lantangnya.
            “Nih, uangnya Ta, buruan berangkat keburu telat.”
            “Iya Buk, makasih. Tata berangkat dulu. Assalamualaikum.”
            “Wa’alaikumussalam.”
            Sampai di sekolah, Frida udah menunggu di depan kelas.
            “Pagi Ta, cerpenku udah kan?” tanya Frida.
            “Pagi juga Da. Iya udah kok,” jawabku.
            “Mana Ta? Buruan ya takutnya temen yang lain pada liat.”
            “Ya Da. Ini maaf kalo jelek.”
            “Nggak papa Ta.”
            Bel masuk berbunyi. Hari ini aku jejer Frida lagi, rasanya pengen jejer yang lain tapi pasti Frida marah kalo aku pindah. Entahlah.
            “Ta, tolong kerjain ini dong.”
            “Maaf Da aku nggak bisa, aku juga belum selesai.”
            “Ah kamu Ta, yaudah deh!”  
            “Maaf Da.”
            Tapi Frida diam saja, dia marah karena aku nggak mau ngerjain soalnya. Akhirnya aku membujuk dia dengan cara apapun agar dia nggak marah lagi.
            “Da, kamu marah sama aku?”
            Tak ada jawaban. Tetapi akhirnya Frida membuka mulutnya.
            “Nanti aku bilang sama temen-temen kalau kamu nggak peduli sama aku.”
            “Loh kok gitu Da, kan kamu yang nyuruh aku ngerjain soalmu kan?”
            “Loh, kok kamu nyalahin aku. Kenapa kamu nggak mau?”
            “Loh, terserah aku dong Da.” Jawabku.
            “Haha, oke. Sekarang terserah kamu aja. Aku mau bilang ke yang lain sekarang,” tantangnya.
            “Loh Da, kok kamu gitu?”
            “Terserah aku dong, suka-suka gue Ta. Ini mulut juga mulutku kok.”
            “Loh Da, kamu jangan fitnah yang enggak-enggak.”
            “Kamu mohon-mohon juga aku nggak kasihan. Tunggu aja kamu dicuekin sama temen-temen,”
            “Loh Da,” jawabku.
            “Kenapa Ta, nggak mau dicuekin? Kerjain soalku dong.”
            “Yaudah de Da daripada nambah masalah. Mana soalnya? Tapi kamu jangan fitnah ke temen-temen,” jawabku pasrah.
            “Enggak, makasih Tata cantik.”
            “Ya.”
            Pas waktu istirahat, aku masih ngerjain soalnya Frida. Sedangkan Frida udah enakan jajan. Tiba-tiba ada temenku datang. Namanya Adi.
            “Ta, kamu nggak jajan?”
            “Haha enggak Di, belum selesai.”
            “Loh belum selesai? Kayaknya tadi kamu bilang udah selesai?”
            “Masih kurang dikit.”
            “Ah bohong, aku tau kok.”
            “Tau apaan Di?”
            “Pasti kamu disuruh ngerjain soalnya Frida kan?” tebak Adi.
            “Haha, enggak tuh. Ini soalku Di,” jawabku mengelak.
            “Ah bukan, itu soalnya Frida. Jujur ajadeh Ta.”
            “Haha, okelah. Ya begitu lah Di,” jawabku pasrah.
            “Nah kan bener. Sabar aja ya Ta.”
            “Haha yoi Di, makasih.”
            “Oke, aku duluan Ta.”
            “Yap.”
            Keesokan harinya di sekolah. Entah apa yang diomongin Frida ke teman-teman sehingga semua temanku seperti jadi berbeda denganku. Entahlah.
            “Ca, jajan yuk?” ajakku kepada Caca salah satu temenku.
            “Eh, aku enggak jajan Ta, maaf ya.”
            “Ohyaudah nggak papa Ca.”
            “Jajan yuk Sa?” ajakku ke Lisa.
            “Kamu jajan sama Frida aja ya.”
            “Frida?”
            “Iya Frida, dia kan teman terbaikmu!”
            “Loh, maksudmu apa Sa?”
            “Nggak papa kok Ta, aku duluan ya, daripada aku dimarahin.”
            “Ha? Dimarahin siapa? Aku nggak dong Sa.”
            “Frida. Duluan ya Ta.”
            “Yaudah oke Sa,” jawabku.
            “Frida? Dimarahin Frida? Maksudnya apa?” hatiku bertanya-tanya.
            Tiba-tiba Saras datang.
            “Eh, Ras jajan yuk? Kamu belum jajan kan?” ajakku.
            “Yuk Ta, belum kok,” jawabnya.
            “Ras, kamu tau apa yang diomongin Frida ke teman-teman?” tanyaku.
            “Frida?” tanyanya.
            “Iya Frida, Ras. Tadi teman-teman pada bilang ‘kamu sama Frida aja Ta’ maksudnya apa sih Ras?” tanyaku bingung.
            “Oh Frida. Emmm, entahlah Ta,” jawabnya dengan nada menyembunyikan.
            “Kamu beneran nggak tau Ras? Kamu kok bingung gitu?” tanyaku.
            “Bingung? Enggak Ta biasa aja. Beneran aku nggak tau, kalo besok aku tau pasti ku ceritain ke kamu deh. Janji.”
            “Beneran ya Ras, janji loh,” candaku.
            “Emmmm, iya Ta, iya.”
            “Sip. Tapi kok kamu kayak bingung gitu ya Ras, cerita dong.”
            “Ha? Bingung enggak kok.”
            “Ah nggak mungkin. Keliatan banget Ta. Apa kamu tau yang diomongin Saras?” tanyaku tambah penasaran.
            “Emmm, sebenarnya iya Ta. Aku sedih.”
            “Sedih? Emangnya Frida ngomong apa Ras?”
            “Ta? Aku takut,” kata Saras sedih.
            “Takut kenapa Ras? Sedih kenapa?”
            “Ta? Frida ngomong katanya jangan ada yang boleh deketin kamu selain dia, kalau sampai ada yang akrab sama kamu, dia akan marahin kita semua, dan ngelakuin hal yang enggak-enggak. Aku takut kalau lama-kelamaan hubungan kita akan renggang Ta. Aku sedih,” jelasnya.
            “Da, kamu jahat! Padahal kamu udah janji nggak bakal bilang fitnah ke teman-teman. Tapi apa kenyataannya?” kataku dalam hati sambil menahan tangis.
            Betapa remuk hatiku mendengar cerita Saras. Teganya Frida ngelakuin itu, janji palsu yang Frida berikan kepadaku saat itu.
            “Frida ngomong kayak gitu?” tanyaku sambil menahan tangisanku.
            “Iya Ta, Frida bilang gitu tadi aku sempet mau nangis,” jawabnya sedih.
            “Saras?”
            “Udah ya Ta, kamu yang sabar, nggak usah nangis, nanti kamu diemin aja Frida,” sarannya.
            “Tapi Ras.”
            “Udah nggak papa, Ta.”
            “Tapi sekarang teman-teman udah beda Ras.”
            “Semuanya udah takut dan terpengaruh sama omongannya Frida tadi, sampai-sampai teman-teman tadi ku ajak jajan nggak mau,” tambahku.
            “Enggak gitu kok Ta, kamu yang sabar ya, aku tetep dukung kamu,” dukungnya.
            “Iya, makasih Ras, makasih banyak.”
            “Frida, kamu jahat,” batinku benar-benar menjerit sekarang.
            Keesokan harinya Caca dan Lisa menghampiri aku ke rumah. Betapa senangnya masih ada temen yang peduli sama aku.
            “Tata, Tata,” panggil mereka.
            “Eh kalian, bentar ya. Aku mau ambil tas dulu,” jawabku.
            “Iya Ta, kita tungguin.”
            Setelah aku selesai beres-beres, kita berangkat bertiga. Tetapi tiba-tiba Frida menunggu di depan pintu siap-siap memarahi Caca dan Lisa juga aku. Aku bingung. Frida udah tega ngelakuin ini semua.
            Demi kita selamat dari amukan Frida, Caca dan Lisa pisah dari aku kemudian kita berangkat sendiri-sendiri sampai harus melewati kebun yang bisa dibilang seram.
            “Ta, aku sama Lisa misah ya, aku takut Frida marah sama kita.”
            “Iya Ca, aku juga. Aku minta maaf gara-gara aku kalian jadi kayak gini.”
            “Nggak papa kok, Ta.”
            Setelah sampai sekolah, ternyata Frida udah di depan pintu. Akhirnya dia marah-marah sama kita bertiga.
            “Ta, ngapain kamu sama mereka,” bentak Frida.
            Aku hanya nunduk saat itu. Nggak berani jawab apapun. Betapa bodohnya aku saat itu.
            “Ca, Sa, ngapain kalian jemput Tata, aku kan udah bilang nggak ada yang boleh deketin Tata kecuali aku.”
            Mereka pun tertunduk. Saat itu Frida ngelakuin hal yang bisa dibilang kejam. Dia marah-marahin kita semua sampe pada nangis. Entah apa yang ada dipikiran kita semua sampai tidak ada yang berani melawan Frida.
            “Frida kamu jahat,” lagi-lagi hatiku menjerit.
            Aku lihat teman-teman di kelas semua tertunduk menangis seperti nggak ada keberanian sedikitpun di sana. Aku hanya bisa menangis, aku pasrah saat itu. Aku tau pasti setelah kejadian ini tidak ada yang mau bermain denganku lagi. Semua temanku akan menjauh dari aku dan bersikap pasif jika bertemu aku.           Entahlah. Aku menangis sejadi-jadinya pada saat itu. Apa yang dilakuian Frida telah membuat hidupku hancur berkeping-keping mulai dari detik itu.
            “Ras, kamu nggak marah sama aku kan?” tanyaku kepada Saras sambil menahan tangis.
            “Nggak Ta,” jawabnya sangat singkat nggak seperti biasanya.
            Tapi saat itu Saras hanya menjawab singkat dan langsung pergi bersama teman yang lain. Sedangkan aku. Entahlah. Aku hanya tertunduk di kelas sampai pulang sekolah tidak ada teman hanya Frida, orang yang membuatku menjadi sengsara.
            “Ya allah, apa yang terjadi ?” kataku dalam hati.
            “Mengapa semua terjadi. Ya, aku hanya harus sabar,” tambahku.
            “Sabar Ta, kalau kamu sabar pasti ada jalan,” aku memotivasi diriku sendiri.
            Keesokan harinya hari minggu. Aku main ke rumah Saras.
            “Saras, Saras,” panggilku.
            “Eh kamu Ta, aku mau pergi sama teman-teman, maaf ya aku nggak bisa main hari ini.”
            “Oh gitu, aku boleh ikut ?”
            “Emm, gini Ta, aku takut ketemu Frida, jadi kamu nggak usah ikut ya. Nanti takutnya kita semua dimarahin.”
            “Oh gitu, yaudah deh Ras kalau gitu. Aku pulang dulu ya.”
            “Iya Ras, Bye ya.”
            Sebenarnya aku belum pulang, aku hanya bersembunyi. Tak lama kemudian datang teman-teman. Saras ikut dengan mereka. Aku ingin sekali berada disana seperti dulu, tapi entahlah.
            “Hati-hati Ras,” kataku dalam hati, walaupun Saras tidak mengetahuinya.
            “Ras aku kangen sama kamu, mengapa semua terjadi sehingga kamu udah nggak peduli lagi sama aku.” Aku menangis di kamar sempitku saat itu.
            Tiba-tiba budheku datang. Alhamdulillah dahulu masih ada budhe. Sekarang budhe udah nggak di sini lagi.
            “Kamu kenapa Ta?” tanya budhe.
            “Nggak papa Dhe,” jawabku.
            “Ah nggak mungkin. Kalo ada apa-apa cerita biar plong Ta,” saran budhe kepadaku.
            Akhirnya aku menceritakan semua kepada budhe. Hanya budhe tempat curhatku. Dan budhe tau perasaanku. Aku nggak berani cerita ke orang tuaku karena aku takut mereka kecewa melihat anaknya seperti ini.
            Keesokan harinya, pelajaran olahraga dan saat itu olahraga basket. Saat pemilihan kelompok aku merasa sedih, betapa sakitnya hatiku Saras tidak memlilihku menjadi kelompoknya. Saras memang udah nggak peduli lagi sama aku. Entahlah. Saras telah berbeda. Jujur aku kangen Saras yang dulu, yang sejak masih kecil selalu bersama denganku, bahkan kemana-mana pun bersama, lucunya sampai Saras mandi pun aku nungguin di depan kamar mandi rumahnya, itu adalah saat-saat terlucu sejak aku bersama Saras. Dan sekarang entahlah, semua kejadian-kejadian menyenangkan itu dihancurkan oleh seorang Frida. Iya, Frida. Saat itu aku berada dikelompoknya Frida, dan akhirnya kalah. Saras dan teman-temannya merayakan kemenangannya. Aku dulu selalu menikmatinya dengan Saras, tapi sekarang entahlah.
            Dan pada suatu hari. Terjadi pertengkaran yang hebat antara Frida dan Saras. Entahlah aku harus berbuat apa saat itu. Aku nggak tau, aku bingung. Mereka saling membentak, menyalahkan entah apa yang dibicarakan. Aku ingin membentak Frida karena aku tau Frida yang salah tetapi aku nggak bisa. Dan pada suatu titik puncak, mereka sudah tidak terelakan. Akhirnya guru mengetahui pertengkarang hebat tersebut dan melerai mereka.
            Entah apa yang ada dipikiranku sekarang, aku tidak bisa memikirkan apa-apa. Sepertinya teman-temanku sudah berbeda denganku. Aku merasakan setiap aku lewat di depan mereka, mereka selalu seperti sungkan sama aku, aku pun juga takut sama mereka. Aku bingung, entahlah mengapa mereka seperti itu. Aku menjadi malu. Aku ingin mereka kembali seperti dulu, Saras kembali menjadi sahabat terbaikku dan aku ingin merasakan hidup yang wajar. Tidak seperti ini.
Teringat masa kecilku kau peluk dan kau manja, indahnya saat itu …. Terdengar lagu yang kuputar dari smartphone milikku, lagu milik ada band itu menemani dalam kesedihanku. Tiba-tiba aku teringat Saras.
            “Saras, kamu dimana? Padahal biasanya kamu di sini sama aku berdua.”
Kata hatiku terus bertanya-tanya tidak jelas.
            Di sisi lain aku teringat Frida.
            “Frida, kamu yang udah buat hidupku kayak gini. Aku sedih Da! Aku ingin kamu ngembaliin hidupku yang dulu, hatiku menjerit.
            Setelah berbulan-bulan dan akhirnya aku sekarang sudah masuk kelas 6 SD. Aku sangat gembira karena tahun depan aku lulus. Pada awal kelas 6, teman-temanku membuat rencana supaya Frida nggak sama aku lagi, nggak manfaatin aku lagi, nggak ngehakimi kita semua lagi. Pas awal masuk aku memutuskan untuk memlilih jejer Saras. Tapi entahlah saat itu aku merasa Saras bukan Saras yang dulu. Aku jejer dia udah beda rasanya. Dia tidak sebaik dulu. Tapi akhirnya lama-kelamaan aku biasa sama Saras. Tapi kali ini nggak bisa sedeket kayak dulu lagi. Mulai saat itu, Frida dicuekin sampai dia benar-benar bisa berubah. Dan tidak disangka dia berubah, dia nggak pernah marahin kita, nggak pernah manfaatin aku lagi.
            Frida telah berubah, betapa senangnya aku. Tapi sayangnya, dulu dia udah merubah kehidupanku 180 derajat. Aku udah nggak bisa jadi Tata yang dulu. Temenku juga sekarang menjadi agak sungkan kepadaku. Sifatku itu kebawa terus sampai SMP, semua karena Frida. Tapi aku udah memaafkannya, walaupun masih sering teringat diangkanku betapa kejamnya dia dulu. Sering muncul rasa iri melihat teman-temanku yang dengan mudahnya bergaul satu sama lain, tetapi aku mencoba untuk menghilangkan rasa iri itu. Sekarang aku udah jauh lebih bahagia karena mempunyai teman yang peduli dan tulus berteman sama aku. Sekarang aku sudah menjadi Tata yang menurutkan jauh lebih baik. Pengalaman buruk di SD itu pun kujadikan pengalaman berharga dan mengapa semua kejadian itu bisa terjadi? Entahlah.

Nama               : Anisa Okta Ayusti
No/Kls             : 05/IX E 

Itu cerpen buatanku asli loh. Semoga menginspirasi ya.
Maaf kalo ada yang typo-typo dikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar