Rabu, 19 November 2014

Resensi Buku Selayang Pandang Bali

Hai teman..
Aku masih mau ngeposting lagi.
Seminggu ini tugas numpuk banyak jadi aku dan temen-temen lebih sering ngerjain tugas-tugas itu.
Cerpen udah, drama udah. Nah, sekarang aku mau ngeposting tentang resensi hasil penilaianku. Bikin resensi itu lebih susah, harus tepat penilaiannya. Kalo enggak, pasti bakal suruh nge-revisi terus sampe betul.
Nah, kali ini aku milih buku Selayang Pandang Bali untuk resensiku.
Cekidot aja ya.


MENGENAL SELUK BELUK BALI


Judul buku             :     Selayang Pandang Bali
Pengarang              :    M. Purwati
Penerbit                  :    PT Intan  Pariwara
Pencetak                :    PT Macanan Jaya Cemerlang
Ilustrator                :    Muhammad Yusuf; Sefika Ruryati
Desain cover          :    Junarko
Perwajahan            :    Titik Nur Hadiningsih
Penanggung jawab :    Drs. Edy Aris Munandar
Tebal                      :    iv + 60 halaman
Tahun terbit           :    2008
Harga                     :    Rp18500,00

Buku ini menceritakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Bali. Bagi pembaca yang ingin mengetahui seluk beluk tentang Bali dianjurkan untuk membaca buku Selayang Pandang Bali .
Buku  Selayang Pandang Bali ini memaparkan tentang berbagai macam hal mengenai Pulau Bali. Mulai dari hal-hal kecil seperti letak geografis yang umum disampaikan sampai hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan adat Bali. Di dalam buku tersebut dapat kita pelajari mengenai lingkungan alam, sumber daya alam dan manusia di Bali seperti apa bahkan sampai kebudayaan tradisional dan peninggalan-peninggalan sejarah di Pulau Bali. Eksotis dan indahnya Pulau Bali atau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini juga disuguhkan di dalam buku ini, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Pulau Bali. Hanya dengan membaca buku Selayang Pandang Bali ini kita dapat menjelajahi seluk beluk dan indahnya Pulau Bali tanpa kita berada disana.
            Buku Selayang Pandang Bali ini menggunakan fasilitas kertas foto, jadi buku ini tidak mudah rusak atau sobek. Jikalau terkena air pun tidak akan langsung sobek, karena kertas foto ini adalah kertas yang tebal dan awet serta cocok digunakan untuk membuat suatu buku. Gambar-gambar yang menarik dan berwarna disuguhkan dalam buku ini, jadi semua gambar yang ada di dalam buku Selayang Pandang Bali ini full colour, tidak ada satu gambar pun tanpa warna. Di bagian bawah buku terdapat gambar yang dominan sebagai background yang sangat menarik sehingga pembaca tidak bosan untuk membuka atau membolak-balik buku untuk membacanya. Gambaran isi buku ini meliputi banyak hal seperti gambaran umum Pulau Bali, lingkungan alam, sumber daya manusia, sumber daya alam, kebudayaan, serta peninggalan sejarah Pulau Bali. Masing-masing judul tersebut memuat berbagai macam indikator tersendiri yang telah dikembangkan. Data Statistik yang disajikan sudah lumayan lengkap, seperti Tabel Pembagian Wilayah Administrasi Propinsi Bali, Grafik Jumlah Penduduk menurut jenis kelamin dan sex ratio, Jumlah Rumah Sakit di Propinsi Bali tahun 2004-2005, dan masih banyak lagi. Satu bagian lagi yang akan dibahas mengenai daftar pustaka, daftar pustaka telah dicantumkan dalam buku Selayang Pandang Bali , seperti contoh Anonim. 2006. “Kerangka Ekonomi Makro’’. http//www.baliprov.go.id/informasi/profil/06/bab1.pdf (18 Juli 2007). Masih banyak daftar pustaka yang dituliskan dalam buku ini, penulis telah mencantumkannya dengan lengkap.
            Hubungan antar bab yang disajikan dalam buku Selayang Pandang Bali setiap babnya membahas persoalan dan tema masing-masing. Walaupun begitu buku ini tetap membicarakan tentang Bali itu sendiri. Kebenaran atau fakta yang disuguhkan penulis telah sesuai dengan apa yang  ada dan terjadi, jadi semua sudah fakta. Kedalaman dan keluasan yang ditampilkan hanya secara umum, jadi belum mencakup hal-hal yang terperinci atau mendetail. Buku ini hanya dijadikan referensi kecil, bukan dijadikan sebagai buku utama. Bahasa yang disuguhkan penulis adalah bahasa Indonesia dengan kaidah EYD-nya, walaupun masih terdapat beberapa kata tidak baku yang kita temukan di sana-sini. Teknik penjilidan buku ini menggunakan staples, di klip di bagian tengahnya, tetapi teknik penjilidan yang seperti ini kurang awet karena menjadikan buku menjadi mudah rusak/copot. Layout meliputi perwajahan dan tata letak materi. Perwajahan yang ditampilkan buku Selayang Pandang Bali ini cantik, karena menggunakan gambar yang menarik, seperti cover pada buku ini adalah gambar tarian khas Pulau Bali. Di dalamnya juga terdapat bagian yang dapat dijadikan bahan plus dari buku ini yaitu gambar background di bagian bawah buku, dan gambar kecil yang berada di bagian atas buku tepatnya pada bagian judul bab. Dan yang terakhir tata letak materi buku Selayang Pandang Bali, tata letak di buku ini telah tertata rapi, bagian judul bab berada di atas dan mencolok, kemudian isinya ditulis secara runtut di bagian bawah judul bab disertai dengan gambar-gambar yang menarik. Jenis Font  yang digunakan penulis adalah jenis Times New Roman.
            Masih banyak lagi bahasan tentang Bali di dalam buku ini. Jika kalian belum pernah pergi ke Pulau Bali jangan berkecil hati, bacalah buku Selayang Pandang Bali untuk mengenal lebih dalam seluk beluk Pulau Bali dan nikmati petualangan kalian ke Pulau Bali hanya dalam beberapa menit saja.

Semoga bermanfaat teman :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar