Senin, 10 November 2014

Selamat Hari Pahlawan

Sore menjelang malam teman ..
Hari ini tepat tanggal 10 November , kalian tau hari apa ?
Hari senin !! Ya jelaslah lah.
Maksudku sekarang peringatan hari apa ??
Ya, hari ini tanggal 10 November adalah hari dimana dahulu pahlawan-pahlawan bangsa kita, bangsa Indonesia berjuang hidup-mati demi negara kita. Ya hari ini hari Pahlawan teman.
Hari dimana dahulu banyak terdapat pejuang-pejuang yang mati karena pertempuran di Surabaya, yang dikenal dengan sebutan Peristiwa Heroik di Surabaya :(

Singkat ceritanya aja ya teman. Peristiwa di Surabaya itu merupakan rangkaian kejadian yang diawali sejak kedatangan pasukan sekutu tanggal 25 oktober 1945 yang dipimpin oleh Brigjen A.W.S. Mallaby.

Pada tanggal 30 oktober 1945, terjadi pertempuran hebat di Gedung Bank International di Jembatan Merah. Perisitiwa itu menewaskan Brigjen Mallaby. Akibat meninggalnya Brigjen Mallaby, Inggris memberi ultimatum isinya agar rakyat Surabaya menyerah kepada Sekutu.

Secara resmi rakyat Surabaya yang diwakili Gubernur Suryo menolak ultimatum Inggris. Akibatnya tanggal 10 November 1945 pagi hari, pasukan Inggris mengerahkan pasukan Infantri dengan senjata-senjata berat dan menyerbu Surabaya dari darat, laut, maupun udara.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya telah menciptakan pekik persatuan demi revolusi yaitu merdeka atau mati.

Setelah menyusun strategi tempur yang kuat disertai tekad yang bergelora, para pemuda Surabaya dibawah pimpinan Sutomo atau dikenal dengan Bung Tomo maupun Sungkono berhasil mempertahankan kotanya. Pertempuran hebat di Surabaya yang dimulai tanggal 10 November 1945 sangat berkesan di hati seluruh rakyat Indonesia. Pertempuran yang memakan korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya itu diabadikan sebagai hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November~

Nah jadi dulu ceritanya teman, jadi sekarang kita sebagai penerus bangsa harus selalu mengenang jasa-jasa pahlawan kita, kalo nggak ada mereka mustahil kita bisa hidup dan menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya :) Selamat Hari Pahlawan ~

Bung Tomo ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar